Senin, 28 Desember 2009

ONE MAN ONE TREE (OMOT)


Sejak dicanangkan bulan februari 2009 lalu, gerakan penanaman pohon “One Man One Tree” satu orang satu pohon, ternyata mendapat sambutan positif dari masyarakat. Sampai dengan bulan juli tercatat telah dilakukan penanaman sebanyak 177.875 pohon yang terdiri dari Jati, Mohoni, Mindi, Sengon dan Akasia.
Menurut Pak Hendro (Bupati Jepara) dalam dialog interaktif di Radio Kartini FM Jepara Rabu malam (19/8/2009), jumlah tersebut berdasarkan laporan dari 62 desa dari 132 desa se kabupaten Jepara, jadi jumlah riilnya pasti akan lebih banyak lagi.
Antusiasme masyarakat dalam menyambut program ini mendapat apresiasi dari Pak Bupati. Dari data yang masuk tercatat hampir semua elemen masyarakat terlibat dalam program ini, warga kelompok tani, Wapalhi, pelajar, pramuka, mahasiswa, pondok pesantren, pemerintah, kepolisian dan masih banyak lagi.
Menurut Pak Bupati, setiap pohon yang kita tanam dan kita pelihara sampai besar, nantinya akan menjadi penyerap air hujan, sehingga potensi banjir dapat dikurangi, sehingga “setiap kali turun hujan, maka tidak semua airnya menguap dan mangalir langsung ke laut” terangnya.
Untuk memaksimalkan fungsi ini, masyarakat diminta tidak menebang tegakan (pohon) yang telah ditanam. ”setidaknya biarkan pepohonan itu tumbuh besar dulu dan baru ditebang setelah kita menanam pohon pengganti.
“Dampak atas degradasi lingkungan saat ini sudah sangat terasa,”kata Pak Bupati sambil mencontohkan kegiatan rapat di Pendopo Kabupaten Jepara. Sebelumnya kondisi suhu ditempat tersebut terasa nyaman. “tapi sekarang sudah terasa panas terutama untuk rapat siang hari yang diikuti banyak peserta” katanya.
Pasca penjarahan lingkungan beberapa tahun lalu, jumlah kerusakan lahan di Jepara mencapai 47.000 Ha lebih. Agar kerusakan ini bisa diperbaiki, peran serta semua eleman masyarakat sangat dibutuhkan.
“Manfaatkan sekecil apapun lahan yang kita miliki untuk melakukan penghijauan. Tak hanya lahan kritis namun juga lahan pekarangan kita”lanjutnya lagi

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda