Senin, 28 Desember 2009

THE LEGEND OF KARIMUNJAWA


Dari 16 Kecamatan di Kabupaten Jepara, ada satu kecamatan yang terpisah dari pusat kota, ya... Kecamatan Karimunjawa. Terdapat 27 pulau di Karimunjawa dan hanya 4 pulau yang baru di huni manusia, sisanya merupakan pulau yang tak berpenghuni.
Tak heran jika banyak investor asing yang tertarik untuk mengembangkan kawasan Karimunjawa sebagai daerah tujuan wisata bahari.
Buktinya berbagai fasilitas pariwisatapun dibangun di sana, seperti homestay, penginapan, perahu kaca, fasilitas diving hingga snorkling tersedia.
Konon ceritanya asal muasal Pulau Karimunjawa terkait erat dengan kisah hidup seorang putra wali bernama Amir Hasan yang merupakan salah satu anak dari Sunan Muria. Amir Hasan merupakan anak yang dimanja oleh ibunya, sehingga dalam perkembangannya cenderung nakal. Melihat hal itu kedua orang tuanya sepakat untuk mendidik Amir Hasan dengan disiplin yang sangat ketat agar tumbuh menjadi anak yang lebih bertanggung jawab. Ternyata hal tersebut malah menjadikan Amir Hasan semakin nakal dan sering mengganggu para santri dan tetangga.
Berharap agar kenakalan anaknya tidak semakin menjadi, maka kedua orang tuanya menitipkan Amir Hasan kepada pamannya yaitu Sunan Kudus.
Dibawah asuhan pamannya, Amir hanya menunjukkan perubahan menjadi pemuda yang baik dan taat menjalankan perintah agama. Melihat perkembangan yang baik itu kemudian Amir Hasan dikembalikan ke orang tuanya.
Merasa Amir Hasan sudah dewasa, Sunan Muria ingin agar Amir Hasan mengamalkan ilmu yang didapat selama diasuh sang paman. Kemudian Amir Hasan diperintahkan pergi ke suatu pulau yang kelihatan dari puncak gunung muria tampat seperti kremun-kremun alias tidak jelas.
Singkat cerita berangkatlah Amir Hasan ke sana dengan ditemani 2 orang abdi dan bekal 2 biji buah nyamplung untuk ditanam jika Amir Hasan sudah sampai ditempat tujuan, dan Mustaka masjid yang saat ini masih ada dalam komplek makam beliau. Meskipun perjalanan membutuhkan waktu yang cukup lama akhirnya sampailah Amir Hasan ditempat tersebut dan menetap disana. Kelak pulau yang belum memiliki nama itu akhirnya dinamakan Karimunjawa.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda